Emperor Pulse Diagnosis



Baik dalam pengobatan Timur (Traditional Chinese Medicine /TCM) maupun Barat, denyut nadi pasien memainkan peran penting karena merupakan indikator berharga dari kesehatan mereka. 
Kita semua pernah ke dokter Barat yang memeriksa denyut nadi kita sebagai salah satu metode untuk menentukan kesehatan jantung. Tingkat normal dianggap antara 60-90 denyut per menit dan tingkat yang jauh lebih cepat atau lebih lambat mungkin tanda ada masalah kesehatan.

Pulse diagnosis dalam TCM juga merupakan alat diagnostik yang sangat penting yang memberikan informasi kepada praktisi Anda tentang keadaan kesehatan Anda tetapi dengan cara yang berbeda. 
Pulse Diagnosis di TCM memiliki proses yang lebih rinci dan detail; kami mencari lebih dari sekadar denyut nadi Anda.

Mengapa pulse diagnosis merupakan bagian besar dari TCM? 
Karena ribuan tahun yang lalu ketika teori pengobatan China mulai berkembang, belum ada sinar-x atau MRI yang tersedia untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh kita. 
Oleh karena itu, dalam pandangan mereka, para tabib Tiongkok kuno menciptakan metode eksternal yang dirancang untuk memahami bagian dalam tubuh, termasuk: pengamatan; wawancara detail; diagnosis lidah; dan pulse diagnosis. Hari ini kami fokus pada denyut nadi.

Dasar-Dasar Pulse Diagnosis TCM

Pulse Diagnosis TCM memang rumit tetapi mari kita mulai dengan beberapa hal mendasar. 
Saat kami mengecek denyut nadi Anda, saya meletakkan tiga jari di atas arteri radial di pergelangan tangan Anda. Masing-masing jari saya bertumpu pada bagian nadi yang berbeda: depan; tengah; dan belakang. Setiap bagian berkorelasi dengan organ yang berbeda. Saya merasakan denyut nadi, tetapi jari-jari saya juga mencari panjang, kedalaman, dan kualitas denyut nadi karena atribut denyut nadi ini sama pentingnya. Ketika saya mengumpulkan semua informasi ini, saya bisa mengerti lebih banyak tentang kesehatan Anda.



Panjang Nadi: 

Panjang nadi dianggap lebih pendek vs lebih panjang dan memberikan indikasi kekuatan dan keseimbangan aliran darah dan energi.
Ketiga jari yang bertumpu pada arteri Anda merasakan panjang denyut nadi. Jika denyut nadi tidak terasa di bawah ketiga jari, dianggap lebih pendek; jika denyut nadi melebihi 3 jari dianggap lebih panjang. Denyut nadi yang lebih lama bisa normal jika tidak ada tanda-tanda lain yang menggelisahkan, tetapi jika denyut nadi merupakan kombinasi antara pendek dan lemah, berarti energinya tidak cukup kuat untuk menggerakkan darah Anda. Sebaliknya, denyut nadi yang pendek dan kuat akan lebih mencerminkan kondisi stagnan, darah tidak mengalir dengan baik karena ada sumbatan.

Kedalaman Nadi: 

Ketika kami merasakan kedalaman denyut nadi, pada awalnya kami hampir tidak memberikan tekanan pada tingkat yang dangkal, sedikit lebih ke tingkat menengah, dan tekanan terbesar ke tingkat yang dalam untuk menentukan di mana denyut nadi dirasakan. 
Kedalaman denyut nadi mencerminkan tingkat Qi dalam tubuh dan menunjukkan jenis kondisi patologis yang mungkin ada. Sebagai contoh: denyut nadi yang dirasakan pada tingkat yang lebih dangkal sering menunjukkan penyakit luar, seperti pilek atau flu. Sedangkan denyut nadi yang dalam mencerminkan keadaan organ dan kondisi yang lebih dalam.

Kualitas Nadi: 

Cara lain untuk memikirkan kualitas nadi adalah dengan membayangkan bahwa nadi Anda memiliki tekstur. 
Di TCM, ada 28 kualitas nadi yang berbeda. Dua contoh umum tekstur atau kualitas meliputi: 
  • choppy (putus-putus) : denyut yang lebih kasar dengan aliran yang tidak rata, dan 
  • Slippery (licin) : denyut yang terasa seperti riak kecil atau manik-manik mengalir di bawah jari.

Contoh Jenis-Jenis Nadi


Ketika terapis Anda mengumpulkan semua informasi denyut nadi ini, dan ada ratusan variasi, dia menyusunnya untuk memahami kondisi tubuh Anda. 

Izinkan saya memberikan contoh yang menggabungkan berbagai denyut yang telah saya jelaskan: 
Seorang pasien memiliki denyut nadi (laju) yang lebih lambat yang saya rasakan pada tingkat yang dalam (kedalaman) dan slippery (kualitas). 
Hal ini menandakan adanya kondisi interior yang lembap dengan angin dingin di dalam tubuh. Bandingkan pasien ini dengan orang lain yang memiliki denyut nadi cepat (laju), mengambang (dalam) yang menandakan kondisi panas luar seperti pilek dengan sakit tenggorokan.

Informasi denyut nadi ini, dan banyak lagi, membantu terapis Anda memilih titik akupunktur yang paling tepat, formula herbal dan menyusun rencana perawatan dan yang paling sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Cek Denyut Nadi Anda sendiri

Ada banyak praktik TCM yang saya anjurkan kepada orang-orang untuk berlatih di rumah, tetapi pengambilan denyut nadi yang terperinci bukan salah satunya. 
Jika Anda ingin menguji sesuatu yang sederhana untuk memahami denyut nadi Anda dengan lebih baik, cek denyut nadi Anda sendiri dan bandingkan dengan denyut nadi teman untuk melihat perbedaan apa yang dapat Anda rasakan. 
Atau, saat Anda terserang flu, letakkan tiga jari dengan lembut di pergelangan tangan Anda untuk melihat apakah Anda merasakan denyut nadi yang lebih dangkal dari biasanya. 
Jangan kecewa jika Anda hanya merasakan hentakan lembut; Pulse Diagnosis adalah seni yang butuh dipelajari selama bertahun-tahun dan bahkan kita yang telah terlatih dalam pengambilan denyut nadi, masih terus menyempurnakan keterampilan kita.


(Courtesy of Jennifer Dubowsky, LAc dan Emperor's College of Traditional Oriental Medicine 2014)

Ref : http://www.empirical-health.com/services/pulse-diagnosis/


Ingin mengecek kondisi kesehatan Anda melalui Emperor - Pulse Diagnosis?

Kami siap melayani Anda di:
  • Lokasi : Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.
  • WA : +62 851-6281-7191
  • Waktu : Setiap hari pukul 08.00-17.00 (kontak utk janjian)

Emperor - Acupuncture & Wellness Center
Layanan kesehatan integratif dengan metode akupuntur kuno untuk keluarga para kaisar, TCM Food Therapy, dan therapeutic sport Tai Chi - Kan Kun.

Komentar