Fatigue, Anxiety, & Depression Terkait Masalah Lambung



Ada hubungan dua arah antara gangguan gastrointestinal dan kecemasan. Hubungan ini dianggap dikendalikan oleh koneksi usus-otak. Studi penelitian telah menyimpulkan bahwa ada sinyal antara usus dan otak yang mempengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku.

Jadi apa artinya ini? 
Artinya memiliki gangguan seperti GERD atau Irritable Bowel Syndrome dan bahkan mungkin radang usus besar dapat menyebabkan kecemasan dan juga depresi.

Mengapa ini penting? 
Itu penting dengan bagaimana Anda menangani kecemasan. Perawatan obat yang biasa untuk kecemasan adalah antidepresan yang meningkatkan serotonin seperti Prozac atau Zoloft. Tetapi salah satu efek samping utama dari obat-obatan tersebut adalah gangguan pencernaan seperti mual, diare atau sembelit. 
Jadi mereka bisa memperburuk penyakit pencernaan Anda. Mungkin tidak, beberapa orang dengan GERD yang mengonsumsi obat pengurang asam dapat mengatasi dengan baik dengan salah satu antidepresan ini. Tapi tidak selalunya terjadi.

Jadi mengetahui bahwa obat kecemasan dapat memperburuk gejala Anda, pendekatan alternatif mungkin berfokus untuk mendapatkan pengobatan yang optimal untuk gejala gastrointestinal Anda terlebih dahulu dan kemudian menggunakan strategi perilaku kognitif untuk mengatasi kecemasan Anda.

Inilah kenapa pasien FAD (fatigue, anxiety, depression) lebih butuh ke Emperor - Acupuncture & Wellness Center daripada ke psikolog atau psikiater (dokter spesialis kejiwaan) semata. Karena salah satu prinsip dalam TCM organ Lambung berhubungan dg masalah khawatir/anxiety, maka untuk mengatasi anxiety harus mengatasi masalah lambung juga. Prinsip ini sudah terdokumentasi sejak 200 tahun sebelum masehi dan tertulis di "Huang Di Nei Jing".

Psikolog : pasien dibenahi masalah psikologisnya, pola pikirnya, tapi tidak dengan organ tubuhnya.
Psikiater : pasien ditenangkan melalui obat penenang. Tapi tidak dibenahi masalah pola pikirnya maupun organ tubuh (lambung) dari pasien.

Emperor - Acupuncture & Wellness Center, pasien akan mendapatkan perawatan akupunktur klasik, diiringi dg peresepan pola makanan yg diterapikan (TCM food therapy) untuk mengatasi masalah organ-organ tubuh yang terkait dengan kondisi emosional. 

Dan juga olah raga Tai Chi - Kan Kun sebagai therapeutic sport untuk menstabilkan kondisi psikologis pasien melalui relaksasi. 

Sehingga tubuh akan terstimulasi mengeluarkan hormon-hormon penenang alami dari tubuh sendiri. Dan kembali ke kondisi yang seimbang dan sehat.



Emperor - Acupuncture & Wellness Center. Layanan kesehatan integratif dengan metode akupuntur kuno untuk keluarga para kaisar, TCM Food Therapy, dan therapeutic sport Tai Chi - Kan Kun. 

Komentar